Dibaca 329 kali

Museum Sampoerna Surabaya

- Dibaca 330 kali

Bangunan museum yang bergaya belanda ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan selama belanda menduduki Indonesia. Kemudian di beli oleh Liem Seeng Tee sebagai pendiri sampoerna yang dimaksudkan untuk digunakan tempat produksi rokok pertama sampoerna. Dicdalam kompleks tersebut terdapat beberapa bangunan arsitektur Eropa. Gedung yang paling besar digunakan untuk museum dan pabrik pembuatan rokok sebagai utama keluarga HM Sampoerna.

Transcity - Museum Sampoerna 3

Transcity – Museum Sampoerna 3

Ketika pertama kali melangkahkan kaki ke kawasan museum ini kita akan disajikan keindahan bangunan yang memiliki arsitektur eropa khususnya belanda. Museum sampoerna ini dibuka secara gratis bagi siapa saja  yang ingin menilik bagaimana perusahaan ini pertama kali dirintis oleh Mr. Liem. Ketika memasuki gedung utama dan membuka pintu, hal pertama yang akan dirasakan para pengunjung adalah aruma harumnya cengkeh yang kuat. karena Banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah ketika awal mulai dirintis. Seperti bentuk rokok, bungkusnya serta berbagaijenis tembakau.

Transcity - Museum Sampoerna 2

Transcity – Museum Sampoerna 2

Koleksi yang paling luar biasa adalah kebaya dari istri dari Mr. Lim Seeng Tee  yaitu Siem Tjiang Nio. Terdapat pula foto-foto sejarah perjalanan perusahaan pada jaman dahulu  yang menempel  di dinding dengan rapi. Selain itu terdapat meja dan kursi yang digunakan seja dahulu kala. Terdapat juga banyak sekali toples kaca atau bahasa jawanya “keler”. Ada pula beberapa gentong dan kendi dari tanah liat. Selain gedung utama, dibagian belakang terdapat bangunan kecil sebagai pusat cinderamata. Disebelah kiri bangunan musium terdapat caffe dimana para pengunjung dapat nongkrong di caffe tersebut.

Transcity - Museum Sampoerna 1

Transcity – Museum Sampoerna 1

Musium sampoerna sendiri memiliki program fasilitas  tour gratis keliling kota Surabaya  yang di berikan pihak PT. HM Sampoerna dalam kontribusinya untuk kota Surabaya. Program ini diberi nama Surabaya Heritage Tour (SHT) dengan menyediakan 1 unit bis yang berkapasitas 20 penumpang. Keberangkatan bis di mulai dari museum sampoerna. Bis SHT selalu melayani para wisatawan setiap hari dan hanya libur pada hari senin. Tour SHT ini berdurasi 1,5 jam sampai 2 jam. Keberangkatan terbagi menjadi dalam 3 jadwal

Komentar