Dibaca 331 kali

Sunan Ampel

- Dibaca 332 kali

Jawa Timur merupakan salah satu tempat penyebaran agama islam di Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Sunan Ampel yang terletak di jalan KH. Mas Mansyur, Kelurahan Ampel, Surabaya Utara. Di Sunan Ampel terdapat masjid yang merupakan masjid terbesar ke tiga di Indonesia yang didirikan pada tahun 1421 oleh Raden Achmad Rachmatullah. Masjid ini dibangun dengan arsitektur Jawa kuno. Di sini juga terdapat makam Raden Achmad Rachmatullah yang wafat pada tahun 1481. Makamnya terletak di sebelah barat masjid. Dulu masjid ini di jadikan tempat berkumpulnya para ulama yang akan membahas tentang penyebaran agama islam di Jawa.

Transcity - Sunan Ampel (1)

Terdapat lima pintu gerbang (gapura) di sekeliling masjid yang merupakan simbol dari rukun islam. Berikut kelima pintu gerbang tersebut:

  1. Pintu gerbang pertama bernama Gapura Munggah. Gapura ini merupakan simbol rukun islam yang ke lima yaitu haji.
  2. Pintu gerbang ke dua bernama Gapura Poso yang artinya Puasa. Gapura ini terletak di selatan masjid
  3. Pintu gerbang ke tiga bernama Gapura Ngamal yang berarti zakat.
  4. Pintu gerbang ke empat bernama Gapura Madep yang letaknya di sebelah barat masjid yang menyimbulkan rukun islam yang kedua yaitu sholat.
  5. Pintu gerbang ke lima bernama Gapura Paneksen yang merjan simbol rukun islam yang pertama yaitu syahadat.

Masjid ini didirikan dengan menggunakan 16 tiang penyangga dengan ketinggian 17 meter yang bertahan hingga saat ini. Di sini juga terdapat menara dengan ketinggian 50 meter, dulu menara ini di gunakan untuk tempat azan.

Transcity - Sunan Ampel (2)

Keistimewaan dari wisata ini adalah masih terpeliharanya bangunan tua bersejarah dengan baik. Setiap bulan Ramadhan masjid ini selalu di padati pengunjung untuk melaksanakan ibadah maupun untuk berziarah. Pemerintah kota Surabaya melestarikan kawasan bersejarah ini sebagai cagar budaya dan sebagai wisata religi.

Papan peringatan yang ada di tempat wisata ini bisa menjadi panduan untuk pengunjung agar berperilaku sopan. Tempat ini juga di lengkapi dengan gentong-gentong yang berisi air yang berasal dari sumur untuk di minum. Di sini rute untuk pria dan wanita di pisahkan untuk menghindari khilaf.

Mengunjungi wisata ini tak lengkap jika tidak mampir ke kampung arabnya. Di sini menyediakan pernik-pernik muslim, mulai dari baju gamis, mukena, peci, parfum hingga kosmetik Arab. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner yang di tawarkan di beberapa depot kawasan Sunan Ampel.

Komentar