Dibaca 374 kali

Surabaya North Quay

- Dibaca 375 kali

Nongkrong di kafe mah udah biasa. Kalau kamu pengen cari tempat nongkrong yang unik, dapetin pengalaman baru, sekaligus hunting spot foto keren, Surabaya North Quay (SNQ) bisa jadi pilihan buatmu.

Alamat    : Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya Jawa    Timur 60165

Hari & Jam operasional       : Selasa – Minggu: 11.00 – 21.00 WIB

Transcity - Surabaya North Quay

Transcity – Surabaya North Quay

Nongkrong di kafe mah udah biasa. Kalau kamu pengen cari tempat nongkrong yang unik, dapetin pengalaman baru, sekaligus hunting spot foto keren, Surabaya North Quay (SNQ) bisa jadi pilihan buatmu.

 

Alamat    : Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya Jawa    Timur 60165

Hari & Jam operasional       : Selasa – Minggu: 11.00 – 21.00 WIB

 

Gimana nggak unik, di sini, kamu bisa melihat pemandangan laut lepas dan kapal-kapal yang berlalu-lalang. Nggak heran karena SNQ memang terletak di dalam kompleks Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Tepatnya di lantai 2 dan 3 gedung Gapura Surya Nusantara (GSN) yang menjadi terminal perjalanan kapal laut antar kota dan pulau. Bukan cuma kapal lokal, terkadang kapal pesiar dari luar negeri pun mampir dan berlabuh di sini. Jarang-jarang lho, bisa ketemu dan foto sama kapal pesiar di Indonesia dari jarak dekat. Pemandangan yang disajikan pun tak kalah keren. Selain itu, masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu nikmati di North Quay Surabaya.

Berikut aktivitas yang bias kita lakuin di SNQ :

1.                  Menikmati Pemandangan Laut & Pelabuhan

Puas melihat-lihat isi Gapura Surya Nusantara, kamu bisa naik ke area rooftop yang ada di bagian luar lantai 3. Di sini, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan laut lepas dan kapal-kapal yang berlalu lalang di pelabuhan.

Bukan cuma kapal kecil, ada juga yacht dan kapal besar yang mengangkut para penumpang hingga ke Indonesia Timur. Malah, kadang ada kapal pesiar mewah dari luar negeri yang bersandar di tempat ini. Nggak setiap hari sih, tapi kalau pas ada, kamu bisa melihatnya dari dekat.

Asiknya lagi, Pelindo III selaku pengelola SNQ sering mengadakan atraksi untuk menyambut kedatangan kapal pesiar ini. Di antaranya ada tari jaran kepang, permainan kulintang, juga festival. Kamu pun dapat menikmati pertunjukan tersebut.

Di hari Rabu dan Sabtu pukul 17.00, North Quay Surabaya juga menggelar live music untuk menghibur para penonton. Acara ini biasanya digelar di outdoor asalkan hujan tak turun.

Pilihan musiknya macam-macam, mulai dari keroncong, pop, sampai jazz. Jadi, jangan khawatir garing kurang hiburan kalau lagi ada di sini.

2.                  Melihat Keindahan Jembatan Suramadu & Monumen Jalesveva Jayamahe

Bukan cuma kapal aja, dari teras atap North Quay Surabaya kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan Jembatan Suramadu dan Monumen Jalesveva Jayamahe. Kalau nggak sempat wisata keliling Surabaya dan mampir ke Suramadu, kamu bisa melihatnya dari sini. Jembatan terpanjang di Indonesia ini memang berlokasi tak terlalu jauh dari North Quay Surabaya. Di malam hari, pemandangan bakal semakin indah karena lampu-lampu Suramadu akan dinyalakan.

 

Sementara itu, Jalesveva Jayamahe adalah patung sosok Perwira TNI Angkatan Laut yang sedang memandang lurus ke laut lepas. Patung ini menggambarkan keyakinan dan optimisme generasi penerus bangsa untuk meraih cita-cita bangsa Indonesia.

3.                  Hunting Foto

Kalau kamu sedang hunting foto di Surabaya dan butuh tempat-tempat unik, datang aja ke sini. Ada berbagai spot yang fotogenik dan oke buat dipamerin di media-media sosial. Yang nggak boleh ketinggalan, tentu berpose di tulisan Surabaya North Quay sebagai bukti kalau sudah mampir ke sini. Jangan lupa juga foto dengan kapal-kapal yang sedang bersandar.

Kombinasi rumput sintetis nan hijau, payung parasol, bean bag warna warni, dan kursi kayu di area rooftop juga sayang untuk tidak diabadikan dengan kamera. Apalagi di malam hari, lampu-lampu cantik di pelabuhan bakal menambah cantik hasil jepretanmu. North Quay Surabaya juga sering jadi jujukan bagi mereka yang sedang berburu foto matahari terbenam. Tak heran karena kombinasi matahari, langit yang memerah, lautan, dan kapal ini memang sangat cantik. Selain di luar ruangan, interior SNQ juga tak kalah fotogenik. Jangan lupa juga berpose di Gapura Surya Nusantara yang modern dan mewah. Dijamin, bakal membuatmu seperti sedang ada di dalam bandara.

  1. Belanja Produk UKM

Kalau lantai 3 dipusatkan jadi tempat wisata kuliner, berbeda lagi dengan lantai 2. Lantai ini dikhususkan sebagai tempat berbelanja para pengunjung dan penumpang kapal.

Produk yang ditawarkan kebanyakan berupa barang-barang hasil industri kreatif dari UKM lokal. Ada yang berupa sepatu, boneka, tas, aksesoris, dll. Cocok buat kamu yang sedang cari oleh-oleh buat keluarga tercinta

Hendak pergi ke North Quay Surabaya dari luar kota menggunakan transportasi umum? Kamu bisa naik pesawat, kereta, atau bus lalu oper ke angkot atau bus dalam kota. Dari Bandar Udara Internasional Juanda atau Bandar Udara Internasional Surabaya (SUB), sudah ada trayek DAMRI langsung yang menghubungkan terminal 1 dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Transcity - Surabaya North Quay 2

Transcity – Surabaya North Quay 2

Bus ini berangkat setiap 1 jam sekali dari pukul 02.00 – 15.00 WIB. Tarifnya Rp40.000 dengan waktu tempuh sekitar 1 jam jika perjalanan lancar. Dari Terminal Bungurasih/Purabaya juga ada trayek langsung menuju pelabuhan. Yakni dengan naik bus Patas AC bernama PAC 1 dengan tarif Rp3.500. Kalau kehabisan, ada juga bus ekonomi P1 dengan tarif Rp3.000 sekali jalan.

Sementara itu bagi pengendara kereta api, stasiun utama terdekat dari North Quay Surabaya adalah Pasar Turi. Jaraknya hanya 7,1 km. Kalau ingin cepat, kamu bisa naik ojek atau taksi online dari sini. Karena kalau mau naik bus, kamu harus berjalan kaki dulu sekitar 750 m ke Jalan Semarang – Jalan Tembaan – Jalan Bubutan. Dari situ, baru kamu bisa naik PAC 1 menuju pelabuhan.

Paket Tour yang Terkait Destinasi Ini:

Komentar