Dibaca 349 kali

Wisata Monumen Kapal Selam (Monkasel)

- Dibaca 350 kali

Kota Surabaya merupakan pangkalan besar TNI Angkatan Laut. Di kota ini terdapat objek wisata Monumen Kapal Selam atau yang sering disebut dengan Monkasel. Monumen ini dibuat untuk mengenang masa awal kejayaan maritim Indonesia. Lokasi monumen ini di Jalan Pemuda dekat dengan Delta Plaza. Kapal selam ini asli milik TNI Angkatan Laut, dengan tipe Whiskey Class yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. Kapal ini memiliki nama KRI Pasoepati dengan nomor lambung 410, panjang 76,6 meter, lebar 6,30 meter. Kapal ini resmi di miliki Indonesia pada tanggal 29 Januari 1962. Pemindahan kapal ini tidak mudah karena harus di potong menjadi 16 bagian dan selanjutnya di bawa ke area monkasel dan di rakit kembali.

Transcity - Wisata Monumen Kapal Selam 1

Di sebalah timur kapal terdapat sungai yang terkenal dengan nama Kalimas, di sini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk tempat istirahat maupun untuk menikmati suasana objek wisata. Akses lokasi wisata ini sangat mudah karena terletak di tengah kota. Harga tiket masuk cukup murah hanya Rp. 10.000/orang. Di sini juga terdapat wahana kolam renang untuk anak-anak dengan tarif Rp. 8000/orang. Setiap harinya tempat ini selalu di datangi pengunjung terutama weekend. Jam operasional wisata ini mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Transcity - Wisata Monumen Kapal Selam 2

Didalam kapal ini terdapat panel-panel yang merupakan peralatan dan perlengkapan kapal, selain itu juga terdapat peralatan navigasi, ruang kerja, tempat tidur kru, dapur, ruang baterai, ruang listrik. Dan sebagainya. Ada juga ruang untuk komandan, di sekitar ruang komandan terpajang nama dan foto komandan kapal Pasoepati. Kapal ini mengambil peran besar dalam mempertahankan hukum kelautan yaitu dalam pertempuran Laut Aru melawan Belanda dalam upaya pembebasan Irian Barat. Yang menarik dari kapal ini adalah adanya periskop yang menjadi pengintai rahasia yang di gunakan dari kedalaman laut. Di kawasan dinding pagar ini juga terdapat lukisan tentang sejarah TNI Angkatan Laut. Di sekitar wisata ini juga sering digunakan sebagai ajang kreativitas seni warga Surabaya.

Transcity - Wisata Monumen Kapal Selam 3

Komentar