Cara retur barang di shopee – Minimnya pemahaman para konsumen terkait proses pembayaran COD atau cash on deliver, terkadang bisa menyebabkan kerugian bagi banyak pihak. Sebagai seorang konsumen yang bijak, ada baiknya jika Anda harus lebih memahami tentang regulasi yang berlaku dalam belanja online. Baik dengan berbagai metode pembayaran yang ada pada marketplace seperti di Shopee, dan juga hal lainnya. Terkadang, bukan hanya masalah cod, ada banyak orang yang mengalami kendala pada barang yang dibeli.
Sebagai contoh adalah salah ukuran, baik kesalahan yang terjadi dari pengirim atau juga pembeli. Bisa juga terjadi permasalahan lain yang menyebabkan barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi. Padahal Anda sudah membayar, maka itulah fungsi dari fitur return barang. Untuk cara retur barang di shopee, berikut akan saya jelaskan.
Cara Retur Barang di Shopee Jika Barang Tidak Sesuai Adalah Solusi Tepat
Pada saat berbelanja online seperti di aplikasi Shopee, sering kali terjadi sebuah kendala dimana barang yang diterima pembeli tidak sama dengan yang ditampilkan di foto. Bisa juga terdapat sebuah masalah seperti terjadinya kerusakan pada barang saat diterima, dimana kebanyakan orang akan mencari cara retur barang di shopee. Hal seperti ini cukup wajar karena dalam proses pengiriman oleh kurir, biasanya barang yang Anda pesan akan bercampur dengan barang pesanan lainnya. Selain dengan itu, jarak dari pengantaran yang cukup jauh juga bisa menjadi salah satu penyebab di antara sekian banyak alasan terjadinya kerusakan barang.
Oleh karena hal itu, pembeli seringkali memiliki sebuah ekspektasi bahwa mereka bisa melakukan pengembalian barang yang sudah mereka pesan. Mereka juga berharap bahwa uang yang dikeluarkan untuk barang tersebut juga bisa kembali. Cara retur barang di shopee ini juga sebenarnya adalah sebuah solusi untuk masalah seperti ini. Hal ini berguna untuk membuat penjual dan ekspedisi lebih berhati-hati saat menangani barang, juga pembeli yang bisa membaca deskripsi agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.
Untuk itu, beri akan saya jelaskan tentang bagaimana cara retur barang di shopee jika barang yang Anda pesan tidak sesuai.
Sebelum Mengikuti Cara Retur Barang Di Shopee, Lakukan Diskusi
Dalam sebuah transaksi jual beli online, terjadi sebuah kesalahan baik pada Pengiriman barang atau terjadi sebuah kerusakan adalah hal yang sering terjadi. Dalam hal atau kasus seperti ini, tentunya baik penjual ataupun pembeli jelas tidak menginginkannya. Oleh karena hal itu, sebaiknya sebelum Anda mengikuti cara retur barang di shopee ini. Terlebih dahulu lakukan diskusi dengan pihak penjual.
Hal ini tentunya juga untuk mencari solusi yang tepat. Apakah barang Anda akan dikembalikan dalam bentuk uang, atau mungkin akan diganti dengan barang yang baru. Melalukan diskusi sebelum melakukan cara retur barang di shopee ini tentunya juga bertujuan agar tidak terjadi kesalahan pahaman antara dua pihak baik penjual ataupun pembeli. Dimana hal itu bisa saja menyebabkan sebuah kerugian di antara keduanya.
Cara Retur Barang Di Shopee Setelah Melakukan Diskusi
Setelah Anda melakukan sebuah diskusi dengan pihak penjual dan berhasil menemukan kesepakatan. Maka Anda bisa mengikuti cara retur barang di shopee berikut ini:
-
- Langkah pertama untuk cara retur barang di shopee adalah buka terlebih dahulu aplikasi shopee Anda.
- Apabila sudah, langkah selanjutnya cara retur barang di Shopee adalah menekan tombol bertuliskan “Saya” yang ada pada bagian bawah.
- Cara retur barang di shopee yang selanjutnya adalah, Anda bisa memilih tulisan “Pesanan Saya”.
- Kemudian pada menu tersebut akan terdapat tulisan “Dikirim”, Anda bisa menekan tulisan tersebut.
- Setelah masuk ke halaman, akan terdapat rincian pesanan yang Anda beli, dan akan terdapat tulisan ajukan pengembalian.
- Cara retur barang di shopee yang terakhir ini adalah dengan mengklik tombol “Ajukan Pengembalian” tersebut.
- Dan langkah terakhir untuk cara retur barang di shopee setelah Anda mengklik tombol Ajukan Pengembalian adalah mengisi alasan dari pengembalian barang.
Alasan Yang Bisa Diisikan Untuk Melanjutkan Proses Pengajuan Barang
Setelah Anda memilih tombol Ajukan Pengembalian, maka Anda akan diminta untuk mengisi Alasan dari pengajuan agar bisa lanjut ke tahap berikutnya. Sebelum melanjutkan tentang cara retur barang di shopee ini, berikut adalah beberapa alasan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan retur barang:
-
- Alasan Saya tidak menerima pesanan.
- Kedua, karena produk yang diterima tidak lengkap.
- Ketiga, terjadinya cacat pada produk pada saat diterima.
- Alasan keempat, karena produk yang Anda terima tidak bisa berfungsi dengan baik.
- Dan alasan kelima dan yang terkait adalah karena produk yang Anda terima tidak sesuai dengan deskripsi atau foto yang diberikan.
Langkah Selanjutnya Untuk Melakukan Pengembalian Barang
Setelah Anda mengisi Alasan tersebut, cara retur barang di shopee yang selanjutnya adalah:
-
- Anda perlu menyertakan sebuah bukti pendukung berupa foto fisik dari barang.
- Anda juga perlu memperkuat alasan Anda dengan menuliskan kembali alasan pengembalian barang dengan lebih jelas pada kolom keterangan.
- Langkah selanjutnya, masukkan email Anda. Jika sudah selesai, Anda bisa menekan tombol “kirimkan” agar pengajuan Anda bisa segera di proses.
Catatan tambahan untuk cara retur barang di Shopee adalah, untuk pembelian barang dengan menggunakan sebuah paket diskon. Maka, pengembalian barang tersebut akan mewajibkan semua barang dikembalikan sesuai dengan paket tersebut. Hal ini artinya tidak boleh ada beberapa atau juga sebagian produk saja yang dikembalikan. Dan cara retur barang di shopee ini adalah untuk cara retur di non shopee mall, jika Anda ingin melakukan pengembalian barang yang dibeli di shopee mall, berikut akan saya jelaskan cara retur barang di shopee mall.
Langkah Pengembalian Barang Pada Shopee Mall
-
- Cara retur barang di Shopee Mall yang pertama, buka terlebih dahulu aplikasi shopee yang ada di ponsel Anda.
- Selanjutnya, Anda bisa masuk ke bagian akun melalui menu “Saya”.
- Setelah berhasil masuk ke bagian akun Anda, Disana akan terdapat menu “Pesanan Saya”, lada menu tersebut akan terdapat ikon dengan tulisan “Dikirim”.
- Anda bisa menekan tombol tersebut, dan memilih produk yang akan Anda kembalikan, selanjutnya Anda akan masuk ke rincian pesanan.
- Disana akan terdapat tombol “Ajukan Pengembalian”. Anda bisa menekan tombol tersebut untuk masuk ke proses selanjutnya.
- Setelah menekan tombol “Ajukan Pengembalian” tersebut, berikan sebuah alasan pengembalian yang sesuai dengan kondisi dari produk.
- Selanjutnya, sebagai sebuah bukti fisik, Anda akan diminta untuk menambahkan foto bukti fisik dari produk yang akan dikembalikan.
- Apabila sudah memberikan bukti foto, masukkan juga keterangan penjelas terkait kondisi produk.
- Selanjutnya Anda bisa memilih pilih jasa kirim yang tersedia. Biasanya jika Anda menggunakan ekspedisi J&T Express, Anda akan mendapatkan gratis ongkir.
- Terakhir masukkan alamat email Anda yang aktif dan pilih tombol kirimkan, maka pengajuan Anda akan segera di proses.
Itulah cara untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee, Untuk lebih jelasnya tentang proses pengajuan barang dan juga ketentuan pengembalian barang, Anda bisa mengeceknya di Cara Retur Shopee.