Ketahui, Syarat Menukar Uang di Money Changer!

Sumber : https://www.freepik.com/premium-photo/female-hand-with-money-cash-department-window-currency-exchange-concept_13705298.htm#query=money%20exchange&position=38&from_view=keyword&track=ais

Baik perjalanan bisnis maupun liburan, adakalanya kita perlu menukar uang asing saat berada di negara tujuan. Maka dari itu, Anda harus mengetahui syarat menukar uang di money changer. Anda juga harus tahu bahwa ada resiko kehilangan uang selama perjalanan. Inilah mengapa penting untuk mempertimbangkan asuransi perjalanan.

MSIG Online, sebuah perusahaan asuransi terkemuka, menawarkan produk asuransi untuk perjalanan luar negeri yang dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko selama perjalanan, termasuk kehilangan uang. Karena MSIG memberi jaminan proteksi penuh terhadap resiko tersebut. Dengan biaya premi mulai dari Rp32.000,00 saja.

Pengertian Money Changer

Money changer adalah penyedia layanan keuangan untuk menukar satu mata uang dengan mata uang lainnya. Money changer menawarkan cara yang nyaman dan efisien untuk mengubah uang domestik menjadi mata uang negara lain untuk transaksi internasional atau memenuhi kebutuhan mata uang asing saat traveling.

3 Syarat Menukar Uang di Money Changer

Berikut adalah beberapa syarat menukar uang di money changer yang harus Anda penuhi:

1. Persiapkan Identitas Diri

Pastikan Anda sudah memiliki e-KTP atau SIM. Ini karena semua money changer konvensional dan bank memerlukan verifikasi data atau identitas orang yang melakukan penukaran uang untuk melakukan transaksi di tempat tersebut.

2. Siapkan Uang Dalam Keadaan Baik

Periksa apakah uang yang Anda tukar sudah rusak, sobek, atau masih dalam kondisi baik. Mata uang yang biasanya menerapkan standar tinggi adalah dolar Amerika Serikat.

Memang tidak semua kasir mensyaratkan uang yang mereka terima dalam keadaan baik. Tetapi, lebih baik memilih menyerahkan uang yang baik, daripada harus dikembalikan nantinya, karena kasir menolak. Karena, bank konvensional jauh lebih ketat dalam hal pemeriksaan fisik uang yang ditukarkan pelanggan.

3. Temukan Informasi Mengenai Update Kurs Mata Uang

Anda bisa mencari di website Bank Indonesia atau bank konvensional lainnya perihal kurs uang terbaru. Tujuannya adalah untuk memperkirakan seberapa besar pergerakan harga beli dan jual mata uang pada saat itu.

Meskipun sedikit berbeda dari nilai mesin kasir, langkah perbandingan ini bisa sangat membantu dalam menyiapkan uang Anda dan siap ketika tiba waktunya untuk mengambil uang yang Anda akan tukarkan. Setidaknya, agar Anda tidak panik nantinya saat menerima uang.

Perlu diperhatikan bahwa persyaratan ini dapat bervariasi, jadi disarankan untuk menghubungi money changer tertentu yang ingin Anda gunakan atau kunjungi situs web mereka untuk memahami persyaratannya. Persiapkan juga dokumen dan informasi yang diperlukan, agar proses pertukaran mata uang lebih mudah dan cepat.

Sudah Paham Syarat Menukar Uang di Money Changer?

Saat menukar uang, menjaga keamanan dan melindungi uang tunai yang Anda bawa adalah hal yang sangat penting. Asuransi Perjalanan hadir sebagai solusi perlindungan yang dapat memberikan kepercayaan diri dan ketenangan pikiran saat melakukan transaksi di money changer.

Dengan perlindungan asuransi yang memadai, Anda dapat menjalani perjalanan dengan lebih nyaman dan fokus pada pengalaman positif, tanpa khawatir kehilangan uang yang telah Anda tukar. Cara pendaftaran dan pembayaran asuransinya juga sangat mudah dan cepat, yakni melalui gadget Anda.

 

 

 

 

Lifestyle