Berikut ini kunci jawaban Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2 Buku Tematik halaman 59, 60, 61, 64, 65, dan 66. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas 4 SD Tema 2 memiliki judul Selalu Berhemat Energi. Sementara, pada Subtema 2Buku Tematik berjudul Manfaat Energi.
Adapun dalam artikel ini berisi kunci jawaban Subtema 2 Pembelajaran 2 di halaman 59, 60, 61, 64, 65, dan 66. Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.
Mengapa Harus Menghemat Kertas? Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air.
Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari hari kamu temui. Manfat kertas yang saya temui sehari hari adalah digunakan untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat menyurat dan untuk membuat brosur. Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas.
Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya! Saya tidak setuju dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut.
Karena tindakan Budi merupakan tindakan pemborosan yang juga dapat menimbulkan bencana alam dan kerusakan alam. Semakin banyak kertas yang terbuang maka semakin banyak pohon yang harus ditebang . Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?
Kita harus menghemat penggunaan kertas, karena kertas terbuat dari kayu, sehingga dengan menghemat kertas kita akan mengurangi pula jumlah pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas. Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas! Beberapa cara menghemat kertas:
– Tidak membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal hal lainnya. – Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas. – Mengumpulkan sisa sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi.
– Menggunakan kertas hanya saat saat dibutuhkan saja. Ketika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat penggunaan energi. Kita juga menghemat pohon pohon di hutan. Kita ikut menjaga bumi kita supaya setiap orang bisa hidup nyaman di bumi. Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong, teliti saat menulis, menggunakan hanya benar benar ketika dibutuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghematnya.
Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menghemat kertas. Tulis contoh contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.
Penggunaan kertas yang boros mengakibatkan pemborosan sumber daya alam. Sebaiknya kita menggunakan kertas dengan bijak. Misalnya saat menulis gunakanlah kedua sisi kertas sehingga dapat menghemat kertas.
Dengan menggunakan kertas sesuai kebutuhan kewajiban kita untuk melestraikan sumber daya lam sudah dilaksanakan, selain itu kita juga memperoleh hak yaitu menggunakan kertas tersebut. Pecahan yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai. Pecahan senilai untuk 1/2 = 1/4 + 1/4 = 2/4. Temukan pecahan yang senilai dengan 1/4.
1/4: 2/8 6/24
5/20 4/16 3/12
1/3: 2/6 6/18
5/15 4/12 3/9
Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut. 1/3 1/3 = 2/6; 1/3=3/9; 1/3=4/12
1/4 1/4=2/8; 1/4=3/12 Perhatikan tiap tiap kesamaan misalkan 1/2=2/4 atau 1/3=2/6
Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai? Pecahan senilai artinya pecahan pecahan yang memiliki nilai sama. Untuk mendapatkan pecahan senilai, kita bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan angka yang sama. Untuk menemukan pecahan senilai, kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai bisa bilangan 0? Bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai tidak bisa bilangan 0. Apa kesimpulanmu?
Jika suatu bilangan dikalikan 0 hasilnya adalah 0, sedangkan jika suatu bilangan dibagi 0 hasilnya adalah tak hingga. Kerjakan Latihan berikut. 1. Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan berikut.
Jawaban: 3/8 = 6/16 = 9/24 = 12/32 4/5 = 8/10 = 12/15 = 16/20 2/3 = 4/6 = 6/9 = 8/12 2. Temukan bilangan yang belum diketahui.
Jawaban: 3/4 = 18/24 3/5 = 9/15 2/4 = 6/12 3. Pohon pecahan senilai. Temukan dan warnai pecahan senilai.
A. Warna biru untuk pecahan yang senilai dengan 1/2. b. Warna hijau untuk pecahan yang senilai dengan 1/3. c. Warna kuning untuk pecahan yang senilai dengan 1/4. d. Warna merah muda untuk pecahan yang senilai dengan 1/5. e. Warna jingga untuk pecahan yang senilai dengan 1/6. Siswa silakan warnai sesuai dengan intruksi di atas. Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.
Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.